Praktikum Virtual dengan Benda Sekitar

Pada masa pandemi tidak menyulutkan semangat anak-anak SMP Islam Bani Hasyim khususnya kelas 7 untuk belajar dan praktik meskipun dalam kondisi virtual. Antusias santri dalam pembelajaran fisika terkait materi Pengukuran objek dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pembelajaran virtual tersebut terlihat sedang mengamati dan melakukan suatu pengukuran dengan alat yg sederhana. Mereka ingin mengetahui perbedaan antara satuan baku dan satuan tak baku. Dengan mengukur benda-benda seperti Kursi, meja, dompet dan benda lain yang sering mereka jumpai disekitar rumahnya. Mereka membandingkan sengan menggunakan alat ukur panjang yaitu mistar dengan jengkal tangan mereka masing-masing.

Dari praktik tersebut salah satu santri bertanya "Pak mengapa ketika panjang meja belajar, saya ukur dengan penggaris berbeda ketika saya mengukurnya dengan menggunakan tangan saya? , Dengan penggaris saya mendapatkan hasil panjang meja 71 cm sedangkan ketika menggunakan tangan hanya 2,5 jengkal"

Perlu kita ketahui bersama bahwa satuan baku itu merupakan pengukuran yang hasilnya akan tetap sama meskipun diukur oleh siapa pun, sedangkan satuan tak baku adalah pengukuran yg menunjukkan hasil yg berbeda ketika diukur antara orang satu dengan orang yang lainnya.

Informasi Lainnya: